Kepulauan Sitaro Bakal Miliki Lapangan Terbang


Sitaro – Jika tidak ada aral melintang, tahun 2010 ini, pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (SITARO) berencana membangun lapangan udara di wilayah tersebut. Landasan pacu pesawat terbang itu merupakan hasil kerjasama dengan investor Alila group. Saat ini mereka telah memulai kegiatan survei disejumlah lokasi yang bakal menjadi lokasi pembangunan lapangan terbang.

Bupati Sitaro Toni Supit kepada wartawan di Sitaro, mengatakan, pembangunan lapangan terbang di Sitaro sangat mendesak dilakukan untuk membantu kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di wilayah tersebut. Ia yakin, dengan terbangunnya lapangan terbang, tingkat perekonomian masyarakat SITARO akan lebih bertambah maju. Selama ini, masyarakat wilayah kepulauan lebih banyak menggunakan alat transportasi laut berupa kapal laut untuk ke ibukota provinsi.

Survei lokasi pembangunan lapangan terbang direncanakan selesai tahun ini juga sehingga direncanakan mulai tahun 2011 pembangunan lapangan terbang di SITARO sudah dimulai. Toni Supit menambahkan, saat ini Alila group juga sementara melakukan pembangunan sejumlah resort resort di Sitaro.

Sementara itu, Gubernur Drs Sinyo Harry Sarundajang (SHS), dalam kunjungan kerja di wilayah tersebut, menjamin pemprov akan mendukung sepenuhnya rencana pemkab SITARO. SHS menyatakan, pembangunan diwilayah kepulauan harus sejajar dengan yang ada di kontinental. Sebagai salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Philipina dan Malaysia, dan berada tepat didepan Pacifik, Sitaro juga akan diprioritaskan dalam hal pembangunan. Dalam kunjungan itu juga SHS membantu pemerintah Sitaro untuk pengadaan kapal feri serta kapal motor untuk Puskesmas keliling. (bud)