TIPU PENGUSAHA ASAL SIAU
Tuesday, 06 April 2010
Patras Dikejar Hingga Pintu Tahanan

SP alias Patras (32) warga Kelurahan Kombos Timur Kecamatan Singkil, dikejar pengusaha asal Siau brnama Lelly Langi alias Giok, hingga ke pintu tahanan Pengadilan Negeri (PN) Manado.
Pasalnya, ibu rumah tangga ini kesal karena telah ditipu oleh Patras hingga mengalami kerugian sebesar Rp26 juta lebih.
Suasana sempat gaduh saat korban berteriak geram kepada terdakwa yang digiring petugas ke sel tahanan.
Terdakwa sendiri diseret ke kursi pesakitan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Maryanti Lesar SH karena diduga melakukan penipuan dengan melanggar pasal 378 KUHP subsidair pasal 372 KUHP.
Dalam dakwaan yang dibacakan Senin (5/4) kemarin di hadapan Majelis Hakim yang dipimpin Robert Posumah SH MH, Parlindungan Sinaga SH MH dan Rika Mona Pandegiroth SH MH, didampingi Panitera Pengganti Ni Ketut Susah SH terungkap, perbuatan terdakwa dilakukan Senin 18 Maret 2007 lalu sekitar pukul 20.00 Wita di Kelurahan Kombos Timur Kecamatan Singkil.
Saat itu, korban bertemu dengan terdakwa. Ia ditawarkan sebuah mesin pembuat es krim seharga Rp26 juta dengan alasan mendapat diskon karena terdakwa berulang tahun. Karena diketahuinya harga yang ditawarkan terdakwa lebih murah. Sebelum memberikan uang panjar, korban sempat melihat mesin tersebut dihidupkan terdakwa, namun tidak ditunjukkan hasilnya.
Tergiur, korban memberikan Rp15 juta di Toko UD Budiman Siau. Saat berada di Siau, korban mengirim uang panjar kepada terdakwa dengan cara mentransfer lewat bank sebesar Rp12 juta lebih.
Saat dioperasikan ternyata hasilnya tidak membeku. Terdakwa menyuruh untuk mengirim kembali mesin yang telah dibeli korban untuk diperbaiki. Selesai diperbaiki, terdakwa mengembalikan mesin milik korban namun ditolak korban.
Atas perbuatannya, ia dijerat dakwaan kesatu pasal 378 KUHP, kedua 372 KUHP.(726)